Sabtu, 19 Maret 2016

Fermentasi Problematika

Selamat malam penikmat temaram yang mengharap seseorang hingga mata terpejam.

Eits, sebelum pada terpejam disini aku nulis lagi nih. Yang aku tulis ini masih ada sedikit keterkaitannya sama tulisanku kemarin (baca : B A P E R ?). Apa sih yang mau aku tulis sekarang? Hmm apa ya? Kita cari tahu aja sama-sama yuk. Omong-omong kenapa judulnya "Fermentasi Problematika"? Suka-suka aku dong hehe, gk kok becanda. Jadi alasan aku pakai itu judul karena kemaren waktu di kelas aku dapat pelajaran tentang fermentasi yang intinya proses penguraian senyawa kompleks oleh mikroba menjadi energi dan zat sederhana tertentu melalui proses metabolisme, yang kemudian zat tersebut bisa dimanfaatkan oleh manusia. Lalu hubungannya dengan problematika apa?

Kita bisa menarik prinsip tersebut dalam kehidupan sehari dan kita terapkan dalam menghadapi permasalahan. Mari kita uraikan perlahan-lahan. Dalam fermentasi terdapat namanya proses metabolisme, dimana dalam metabolisme perlu prekursor atau bahan baku yang kemudian dimetabolisme menjadi metabolit primer, dengan metabolit primer ini digunakan untuk tumbuh oleh mikroba hingga pada titik tertentu prekursor sudah habis, si mikroba akan menggunakan metabolit primer dan dari metabolit primer ini bisa diperoleh metabolit sekunder yang bermanfaat bagi manusia. Jika ditarik dalam kehidupan, kita selalu menghadapi suatu permasalahan, permasalahan ini kita anggap sebagai prekursor. Permasalah demi permasalah hingga bertumpuk membuat diri kita menjadi galau, kegalauan ini kita analogikan sebagai metabolit primer. Meskipun kita dirundung galau kita masih hidup kan? Hingga akhirnya permasalahan berakhir dan tersisalah galau. Kita sebagai manusia sudah dibekali akal oleh Tuhan untuk mengolah kegalauan kita. Kmudian ketika hati mulai tegar, pikiran mulai jernih, dan emosi mulai stabil, diri ini akan berusaha menyudahi kegalauan ini dan membuahkan sebuah jalan atau pencerahan serta energi baru. Inilah metabolit sekunder kita, sebuah jalan atau pencerahan sehingga habislah kegalauan itu. Jalan ini suatu saat akan bermanfaat bagi orang lain yang menghadapi permasalahan yang sama seperti yang kita hadapi. Begitulah kenapa Fermentasi Problematika.

Mungkin tulisan ini rada ngawur dan gak begitu bermanfaat ya, tapi aku berharap ini bisa jadi sampah kompos buat teman-teman. Sekian dulu untuk tulisan sabtu malam (minggu) ini. Aku ucapkan selamat beristirahat buat kalian semua mengharapkan ada hati yang terpikat.

See you...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar